Minggu, 10 Januari 2016

MAKALAH SURAT MENYURAT DAN CURRICULUM VITAE

MAKALAH
BAHASA INDONESIA 2
“SURAT MENYURAT DAN CURRICULUM VITAE”



NAMA   : 1. Ahmad Fauzan
2.   Alifa Rasmi Pramudita
3.   Anggyta Ayu Widuri
4.   Meliyanny
5.   Novi Aprisna Sampeako
6.   Reza Hana Partiwi
7.   Wahyu Gunawan

KELAS   : 3EB03

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat, rahmat, taufik dan hidayahNya yang tiada terkira besarnya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia 2.

Dalam penyusunannya, kami memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun ada langkah yang lebih baik lagi untuk masa mendatang, seperti yang telah kita ketahui tak ada gading yang tak retak begitu pula dengan kami, maka dari itu kami sangat membutuhkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Jakarta, 11 Januari 2016


Penulis



                                                   DAFTAR ISI

Kata Pengantar……..…………....................................……………....................i
Daftar Isi....…......………..............……………...........……………....................ii
Bab I  Pendahuluan………...................................................................................1
1.1  Latar Belakang…...….....……….………………...........................................1
1.2  Identifikasi Masalah……..............…….......……..........................................2
1.2.1  Surat-Menyurat………....…………………................................................2
1.2.2  Curiculum Vitae……….......……......………..............................................2
1.3  Tujuan……....…….............……………………….........................................2
Bab II  Pembahasan....……..………………....…………….................................4
            2.1 Pengertian Surat…………...........………………................................4
            2.2 Fungsi Surat………...…………….…………….................................4
            2.3 Jenis-JenisSurat……......………….…………….................................5
                  2.3.1 Surat Dinas......…………...….……………................................5
                  2.3.2 Surat Niaga…...........…...…….…………..................................16
                  2.3.3 Surat Pribadi………..........…….…………................................27
            2.4 Dasar Surat-Menyurat……....….......….……….................................27
                  2.4.1 Ciri-Ciri Bahasa Surat...........................…................................27
                  2.4.2 Penggunaan Tata Bahasa Dalam Surat-Menyurat….................28
            2.5 Curriculum Vitae……………………………....................................29
Bab III Simpulan…………………...................................……….......…............34
Daftar Pustaka…………...……........................……………….……..................35


  

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              LATAR BELAKANG

Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu melihat seseorang menggunakan alat komunikasi untuk dapat berhubungan dengan seseorang yang dikehendakinya. Seiring dengan pertumbuhan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi  dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan di lingkungan masyarakat Indonesia. Orang-orang dulu tidak secanggih dengan orang-orang di jaman sekarang.

 Apabila kita mengamati  secara detail, ada beberapa perbedaan yang membedakan antara orang-orang jaman dahulu dan jaman sekarang. Salah satu diantaranya dalam perbedaan cara berkomunikasi dengan sesama atau dengan kerabat kita. Dahulu sangat sulit kita berkomunikasi dengan kerabat kita yang jauh disana tetapi jaman sekarang kalaupun kerabat kita sangat jauh, kita masih dapat berkomunikasi dengan mudahnya yaitu kita menggunakan salah satu contoh alat komukasi yaitu telepon genggam, gadget yang satu ini sangat menonjol di jaman sekarang di bandingkan dengan gadget-gadget yang lain. Coba kita liat di jaman dahulu, orang-orang hanya mengandalkan selembar kertas untuk bisa berkomunikasi dengan kerabatnya yang berada jauh disana yaitu dengansurat menyurat, walaupun masih sedikit orang yang menggunakan surat, tetapi surat merupakan suatu alat komunikasi yang ada di jaman dahulu.

Untuk mendapatkan suatu perkerjaan di kantor atau di instansi, kita harus mengajukan permintaan atau permohonan ke bagian ke pegawaian. Permohonan itu tidak disampaikan secara lisan tetapi secara tertulis dalam bentuk suatu surat lamaran kerja. Perubahan dan kemajuan teknologi membawa dampak terhadap segala bidang. Termasuk pula pada tata cara pembuatan dan pengiriman surat lamaran kerja. Wujud surat lamaran kerja semakin beragam dan pembuatannya cenderung semakin praktis. Meskipun demikian,ada prinsip-prinsip serta unsur-unsur pokok dari surat lamaran kerja yang tetap di pertahankan.

Untuk memberi pertimbangan dalam membuat jawaban dari suatu perusahaaan, pelamar melampirkan sejumlah berkas dalam surat lamaran kerja tersebut. Salah satu berkas yang sangat penting dan selalu diminta adalah daftar riwayat hidup atau CV (Curiculum Vitae). Oleh karena itu, selain mampu menyusun surat lamaran, di harapkan kita sebagai orang yang tidak tahu apa-apa dapat menulis lampirannya dengan baik dan benar.

CV akan selalu digunakan untuk siapa saja yang hendak melamar suatu perkerjaan karena CV adalah bagian dari salah satu syarat yang harus dipenuhinya agar si pelamar dapat di terima atau gagal. Jadi kita sebaiknya jangan terlalu meremehkan tentang keberadaan CV ini.Makalah ini kami buat agar masyarakat dapat memahami dan tahu bagaimana tentang CV itu karena tanpa CV, si pelamar kerja kemungkinan diterima sangat kecil karena ini adalah bagian dari persyaratan dari suatu perusahaan kepada seseorang yang hendak melamar kerja.

1.2              IDENTIFIKASI MASALAH

1.2.1        SURAT MENYURAT
Makalah ini kami akan membahas bagaimana dasar surat-menyurat, membedakan bahasa yang digunakan pada surat dinas dan surat niaga dengan surat pribadi.

1.2.2        CURRICULUM VITAE
Makalah ini kami akan membahas dasar penulisan curriculum vitaeyang benar sebagai lampiran dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

1.3              TUJUAN

Surat adalah suatu alat  komunikasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan oleh seseorang ke seseorang yang di kehendakinya. Banyak terdapat kesalahan yang sering kita temui dalam hal penulisan surat tersebut. Makalah ini dibuat untuk mengetahui tata cara  pembuatan surat yang baik dan benar dan juga kita dapat membedakan antara surat resmi dan surat tidak resmi, ambil suatu contoh ketika seseorang membuat surat lamaran pekerjaan yang di harapkan pada saat kita membuat surat lamaran  tersebut, kita tidak lagi mengalami kesulitan.

Tujuan seseorang menulis surat adalah sebagai bentuk alat komunikasi yang isinya berupa tulisan, informasi, pesan, pertanyaan atau tanggapan sesuai dengan keinginan penulis surat tersebut. Di samping sebagai sarana komunikasi, surat juga mempunyai fungsi lain, yaitu sebagai duta atau wakil penulis untuk berhadapan dengan lawan bicaranya. Oleh karena itu, ada yang berpendapat bahwa surat merupakan gambaran mentalitas pengirim. Surat juga terbagi dua jenis yaitu surat resmi dan surat tidak resmi dan di makalah ini akan di bahas bagaimana seseorang membedakan suatu jenis surat.

CV atau biasa yang kita kenal Curiculum Vitae ini bermaksud untuk membantu si pelamar kerja mendapatkan suatu pekerjaan karena di dalam CV ini terdapat hal-hal tentang diri seseorang pelamar dari ia baru lahir hingga sekarang, istilahnya CV itu dianggap perjalanan hidup dari seseorang tersebut dari dulu hingga sekarang.

Maksud seseorang membuat CV antara lain bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan karena tanpa adanya CV, si pelamar pekerjaan belum tentu bisa mendapatkan pekerjaan karena belum memenuhi syarat, maka dari itu CV ini sangat perlu diperhatikan baik dalam penulisannya karena bersifat informasi yang penting dan berhubungan dengan riwayat hidup seseorang. Makalah ini dibuat, untuk memahami dan mengetahui bagaimana bentuk dari CV tersebut.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1       PENGERTIAN SURAT

Surat adalah lembaran kertas yang memuat bahan komunikasi atau informasi yang disampaikan oleh satu pihak kepada pihak yang lain, baik atas nama pribadi maupun atas nama organisasi atau kantor. Komunikasi melalui media surat masih dianggap paling efektif dan ekonomis walaupun sudah banyak alat-alat komunikasi yang canggih seperti handphone, radio, dan televisi karena selain biayanya sangat murah juga informasi yang sampai ke komunikan sesuai dengan sumbernya.

2.2       FUNGSI SURAT

Selain sebagai alat komunikasi, surat juga berfungsi sebagai berikut.
a.       Alat bukti tertulis
Surat dapat dijadikan sebagai bukti tertulis jika terjadi perselisihan atar organisasi atau perusahaan atau antar orang-orang yang telah mengadakan hubungan surat-menyurat.
b.      Alat pengingat
Surat dapat dipakai untuk mengetahui hal-hal yang telah lama disepakati atau disetujui bersama.
c.       Bukti historis
Surat dapat dijadikan sebagai bahan riset atau penelitian untuk mengetahui aktivitas organisasi atau perusahaan di masa yang lalu.
d.      Duta organisasi
Surat dapat mencerminkan kondisi intern dari suatu organisasi atau perusahaan.
e.       Pedoman
Surat dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan.
f.       Sarana promosi
Surat dapat dijadikan saran promosi suatu perusahaan, karena biasanya pada surat resmi tercantum pada kepala surat mengenai identitas perusahaan.


2.3       JENIS-JENIS SURAT

2.3.1        Surat Dinas atau Resmi
Surat dinas adalah surat yang isinya mengenai administrasi pemerintah yang dibuat oleh lembaga pemerintah. Surat dinas disebut juga surat resmi karena dikeluarkan oleh instansi pemerintah, sehingga dalam penulisan suratnya ada korelasi antara peraturan pemerintah yang telah ditetapkan dengan peraturan yang telah diputuskan oleh masing-masing departemen. Yang termasuk surat dinas adalah sebagai berikut.

a.       Surat  pemberitahuan
Surat pemberitahuan adalah surat yang berisi pemberitahuan kepada semua anggota lingkungan agar mereka mengetahui tentang apa yang perlu diketahui.
Perhatikan contoh surat pemberitahuan berikut.


b.      Surat undangan
Surat undangan adalah surat pemberitahuan yang sifatnya mengharapkan kehadiran seseorang atau sekelompok orang untuk berpartisipasi dalam suatu acara tertentu ditempat dan pada waktu tertentu.
Undangan menurut kepentingannya ada tiga macam, yaitu sebagai berikut.
1)      Undangan resmi, dipakai untuk keperluan resmi.
2)      Undangan setengah resmi, biasanya dibuat untuk perkumpulan keluarga, perkumpulan, arisan, dan lain-lain.
3)      Undangan tidak resmi/undangan pribadi adalah undangan yang dibuat oleh perseorangan untuk keperluan dirinya sendiri.
Perhatikan contoh surat undangan resmi berikut.



c.       Surat kuasa
Surat kuasa adalah surat yang berisi pelimpahan wewenang kepada seseorang atau pejabat yang dapat dipercaya untuk bertindak mewakili orang yang memberi kuasa karena orang yang bersangkutan tidak dapat melaksanakan sendiri.
Perhatikan contoh surat kuasa berikut.
 
d.      Surat keterangan
Surat keterangan adalah surat yang isinya menerangkan tentang aktivitas seseorang atau sesuatu hal.Menurut kepentingannya, surat keterangan dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu.
1) Surat keterangan biasa adalah surat yang diberikan kepada seseorang yang isinya menerangkan tentang kegiatan sebagai warga masyarakat ditengah kesibukan sehari-hari.
2) Surat referensi adalah surat keterangan dari pihak ketiga, yang berisi penilaian mengenai kepribadian, kelayakan, keahlian, dan kualifikasi pihak I  yang bersifat rahasia, untuk kepenting pihak II.
3) Surat rekomendasi adalah surat keterangan dari pemimpinan perusahaan yang diberikan kepada pihak I berisi data-data kepribadian yang positif, yang sudah diketahui terlebih dahulu daripada pihak II.
4) Surat pernyataan adalah surat yang berisi pernyataan mengenai keadaan seseorang atau instansi yang ditulis dengan sebenarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.
Perhatikan contoh surat referensi dagang berikut.



Pehatikan contoh surat rekomendasi berikut.



Perhatikan contoh surat pernyataan berikut.


e.       Surat memo dan nota dinas
Surat memo merupakan singkatan dari memorandum yang berasal dari kata memory (bahasa inggris) yang berarti ingatan menyangkut informasi bersifat mengingat, yang isinya berupa berita singkat mengenai perintah, pertanyaan, dan permintaan. Nota dinas merupakan berita singkat yang isinya berupa surat peringatan, penunjukkan, atau keterangan secara resmi (dinas), bertujuan agar isi yang tercantum didalamnya mendapatkan perhatian sepenuhnya dan dilaksanakan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.
Perhatikan contoh surat memo berikut.


f.       Surat edaran
Surat edaran (sirkuler) adalah surat yang dibuat untuk memberitahukan sesuatu, yang ditunjukan kepada beberapa orang/kantor atau kepada banyak pihak.
Perhatikan contoh surat edaran berikut.


  
g.      Surat pengantar
Surat pengantar adalah surat untuk mengantar sesuatu dengan maksud agar orang yang menerimanya mengetahui maksud sesuatu yang diterimanya.
Perhatikan contoh surat pengantar berikut.


h.      Surat perintah
Surat perintah adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu instansi/pihak yang lebih tinggi yang ditujukan kepada instansi/pihak yang lebih rendah (bawahan) agar bawahan itu berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu sebagaimana dijelaskan dalam surat perintah.
Perhatikan surat perintah berikut.



i.        Surat instruksi
Surat instruksi adalah surat yang berisi perintah dan petunjuk-petunjuk yang bersumber pada peraturan dan kebijaksanaan pimpinan.
Perhatikan contoh surat intruksi berikut.



j.        Surat tugas
Surat tugas adalah surat yang datang dari pihak lebih tinggi/pejabat untuk menugaskan kepada bawahan agar melakukan pekerjaan tertentu.
Perhatikan contoh surat tugas berikut.

2.3.2        Surat Niaga
Surat niaga digunakan seseorang atau organisasi perusahaan untuk menyampaikan berita informasi yang berhubungan dengan perniagaan. Dunia niaga atau bisnis adalah dunia yang penuh kesibukan di mana waktu adalah uang dan dalam bertindak akan selalu berdasarkan efisiensi atau efektivitas. Seringkali sebuah berita yang dituangkan dalam surat akan lebih efektif dan tepat sasaran karena memuat data-data penting yang akurat, jika dibandingkan berita tersebut disampaikan melalui telepon atau lisan.

a.       Surat perkenalan
Surat yang isinya memperkenalkan hasil produksi  suatu perusahaan dengan keterangan yang lengkap dari penjual yang ditujukan kepada calon pembeli. Perhatikan contoh surat perkenalan berikut.
CV JAYA ABADI
DISTRIBUTOR BUKU DAN ALAT – ALAT TULIS
JL. Paradiso no. 46, Kota Purwokerto
__________________________________________________________
No.      : 20/PWK/05/20151 Mei 2015
Lamp. : –
Hal      : Perkenalan Usaha

Kepada Yth.
Kepala Sekolah Internet
J l. Gajah Mada no. 54
Purwokerto

Dengan hormat,

Dalam rangka menunjang kelancaran penyediaan kebutuhan buku pelajaran dan alat tulis kantor di lingkungan lembaga pendidikan formal maupun non formal.Dengan ini kami memperkenalkan diri bahwa kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyaluran buku – buku pelajaran dari berbagai penerbit serta alat tulis kebutuhan sekolah. Hingga saat ini telah melayani 200 sekolah di berbagai kota di Pulau Jawa baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Dalam kesempatan ini kami mencoba kemungkinan di masa yang akan datang dapat membantu menyediakan pasokan buku – buku pelajaran, buku tulis, dan alat – alat tulis kebutuhan sekolah yang Bapak pimpin. Adapun untuk harga dan layanan penjualan dan purna jual akan tetap kami jamin dengan memuaskan.

Demikian perkenalan kami dan untuk di masa yang akan datang kami berharap dapat membantu penyediaan kebutuhan buku pelajaran dan alat tulis. Atas perhatian Bapak kami ucapka terima kasih.

Hormat kami,


Direktur

b.      Surat permintaan penawaran
Surat permintaan penawaran adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli yang dikirimkan kepada penjual yang isinya tentang permintaan informasi mengenai harga, syarat jual beli dan katalog dari barang atau jasa tertentu yang dibutuhkan. Perhatikan contoh surat permintaan penawaran berikut.
PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang
No. 100/PP/IX/12                                              29 September 2012

Yth. Manajer Pemasaran PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang
Hal : Permintaan Penawaran

Dengan hormat,

Berkenaan dengan tahun anggaran 2012 tersedia anggaran untuk pembelian komputer.

Dari salah seorang relasi, kami memperoleh keterangan bahwa perusahaan Saudara bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan mesin kantor yang berkualitas baik.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami meminta agar Saudara mengalatan dan dirimkan surat Penawaran mengenai peralatan dan perlengkapan komputer, disertai keterngan  – keterangan sebagai berikut :
1.      Syarat pembayaran.
2.      Syarat penyerahan barang.
3.      Potongan harga yang diberikan.
4.      Jumlah barang yang tersedia.
5.      Layanan purna jual.

Disamping itu, kami minta dikirim leaflet, katalog dan brosur barang tersebut.

Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,


Eka Lilis Suhandayani
                                                                                                       Direktur Utama

c.       Surat penawaran
Surat penawaran adalah surat dari penjual kepada calon pembeli yang berisi penawaran barang atau jasa. Perhatikan contoh surat penawaran berikut.

PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang


No. 101/UM/IX/12                                           30 September 2012

PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang
Perihal : Penawaran Mesin Kantor

Dengan hormat,

Surat permintaan penawaran Saudara No. 100/PP/XI/12 tertanggal 29 September 2012 telah kami terima, maka dengan ini kami menawarkan barang – barang dibawah ini secara bebas :
A.        1. Mesin Fotocopy merek Xerox      Rp. 8.000.000                                                                          2. Mesin Fotocopy merek Xerox      Rp. 10.000.000
B.         1.  Komputer merek Zyrex                Rp. 8.500.000                                                                        2.  Komputer merek Toshiba             Rp. 8.000.000

Sambil menunggu pesanan Saudara, kami ucapkan terima kasih.

                                                                                                            Hormat kami,


Eka Lilis suhandayani
                                                                                                      Direktur utama


d.      Surat pesanan
Surat pesanan adalah surat yang isinya memesan barang / jasa tertentu dari pembeli kepada penjual. Perhatikan contoh surat pesanan berikut.
PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang


No. 101/UM/IX/12                                           01 Oktober 2012

PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang
Hal : Pesanan Barang

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari salah seorang karyawan bagian pemasaran, kami ingin memesan barang – barang sebagai berikut :
7 unit filling cabinet 3 laci merek Lion
8 unit kalkulator merek Casio tipe S.2120
5 unit komputer merek Toshiba
Mengenai pembayaran akan segera akan kami kirimkan setelah barang tersebut kami terima.

Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

                                                                                                             Hormat kami,


Eka Lilis Suhandayani
Manajer Perbekalan

e.       Surat konfirmasi pesanan
Surat konfirmasi pesanan merupakan data yang diisi oleh penjual berdasarkan surat pesanan atau via telepon dari pemesan, tentang pesanan yang terdiri dari nama barang, jumlahnya, harga dan syarat jual beli lainnya, seperti tempat penyerahan, waktu penyerahan, cara pembayaran. Perhatikan contoh surat konfirmasi pesanan berikut
PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang

No. 102/UM/IX/12                                           02 Oktober 2012

PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang

Hal : Konfirmasi Pesanan Alat – Alat Elektronik

Dengan hormat,

Terima kasih atas pesanan Anda pada tanggal 29 September 2012 via telepon. Dengan ini kami mengkonfirmasikan barang – barang yang anda pesan dan syarat – syarat sebagai berikut :
6 unit setrika listrik merek National, Volt 220/450W @ Rp. 250.000 Rp. 1.500.000
5 unit lemari es merek Sharp, tipe/ukuran 12 feet 2 pintu @Rp.1.500.000 Rp. 7.500.000

Terbilang         : Sembilan Juta Rupiah
Pembayaran     : Cash Of Delivery
Penyerahan      : Franco

Setelah ditandatangani, lembar aslinya diseahkan kepada kami.

Menyetujui,                                                         Hormat kami,


Pemesan                                                                                Eka Lilis Suhandayani

f.       Surat penolakan pesanan
Apabila terjadi pemesanan barang / jasa tidak dapat dipenuhi oleh penjual karena ada suatu masalah, maka pihak penjual segera mengirimkan surat penolakan pesanan, jangan sampai pemesan menunggu terlalu lama. Perhatikan contoh surat penolakan pesanan sebagai berikut.
PT. ISTINA LATIFATUL ILMI
Jalan Diponegoro No 12 Surabaya
Telp. (031) 34555443 Fax. (031) 34555444


Nomor : 12 / ILI / VI / 2010                                                               09 Juni 2010
Lamp.  : 1 lembar

Yth. Direktur PT Grafindo Mega Pratama
Jalan Mawar No 10
Jakarta

Hal : Pesanan Saudara No.: 36 /  GMP / V / 2010

Dengan hormat,

Kami mengucapkan terima kasih atas pesanan Saudara tentang AC X13, Mesin Cuci Cleaner, dan Televisi Sharp tertanggal 25 Mei 2010 melalui surat dengan nomor tersebut diatas. Akan tetapi salah satu pesanan Saudara berupa AC X13 tidak ada dalam persediaan kami. Untuk itu kami mohon maaf.

Namun, jika Saudara berkenan dan tidak keberatan, kami sarankan Saudara mengganti pesanan tersebut dengan AC MW22. Barang tersebut kualitasnya sama dengan AC X13 dan harganyapun tidak jauh berbeda. Bersama ini kami juga lampirkan brosur dan informasi-informasi lain mengenai AC tersebut.

Jika Saudara menyetujuinya, kami berharap saudara memberitahukan kepada Kadiv Pemasaran Bapak Irwanto. Dengan senang hati beliau akan segera mempersiapkan barang tersebut.

Hormat kami,


Istina Latifatul Ilmi
Direktur Utama

g.      Surat pengiriman pesanan
Surat pengiriman pesan adalah surat yang dikirim oleh penjual yang isinya memberitahukan kepada pembeli bahwa surat pesanan sudah diterima. Perhatikan contoh surat pengiriman pesana berikut.
PT. ELEKTRONIK MAJU
Jl. Buntu No. 202
JAKARTA
Telp. (0561)xxxxxx Fax. xxxxxx
=====================================================
10 Februari 2015
Nomor             : 205/EM/VII/15
Lampiran         : 1 lembar
Hal                   : Pemberitahuan Pengiriman Barang

Kepada
CV. INGIN MAJU
Jalan Ketapang No.10a
Banda Aceh

Dengan hormat,

Sungguh merupakan suatu kebanggaan bagi kami atas kepercayaan Saudara pada perusahaan kami. Pesanan Saudara pada tanggal 28 Desember 2014 Nomor: 255/IM/IV/2014 telah kami kirimkan pagi ini menggunakan kapal LAWIT EXPRES. Apabila ada hal-hal yang kurang berkenan mengenai pesanan Saudara, mohon segera memberitahu kepada pihak kami.

Atas segala perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


IRWANSYAH, ST
Direktur

h.      Surat pengaduan / penuntutan
Surat pengaduan (klaim) adalah surat pemberitahuan untuk penjual yang dibuat oleh pembeli mengenai ketidaksesuaian barang yang diterimanya dengan barang yang dipesan dan disertai juga dengan tuntunan dan penyelesaian. Perhatikan contoh surat pengaduan berikut.
TOKO INGIN MAJU
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh


25 Maret 2015
Nomor :  35/IM/IV/2015
Hal        :  Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp     :  1 (satu) lembar faktur

Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta

Dengan hormat,

Barang pesanan dari Saudara yang berupa :
1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC
Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.

Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,


IKHSAN
Pemilik

i.        Surat pengiriman pembayaran
Surat pengiriman pembayaran adalah surat yang dibuat oleh pembeli, untuk memberitahukan kepada penjual bahwa barang kiriman sudah diterima dan pembayaran sudah dilakukan. Perhatikan contoh surat pengiriman pembayaran berikut.
CV. INGIN JAYA
Jalan Melati No. 20a
Banda Aceh


Nomor : 75/IJ/V/2015                                                                          1 Mei 2015

Kepada
PT. NIAGA MAS
Jalan Mawar No. 36
Surabaya

Hal                  : Pengiriman Pembayaran
Lampiran         : Bukti Pengiriman Pembayaran

Dengan hormat,

Pada tanggal 27 April 2015, kami telah menerima barang-barang pesanan kami berupa 5 Televisi dan 5 Kipas Angin dan setelah kami cek, barang tersebut dalam keadaan baik.

Sesuai dengan persetujuan, sisa pembayaran sebesar Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) telah kami kirimkan melalui Bank Mandiri Cabang Surabaya, terlampir bukti pembayaran.

Atas perhatian dan pelayanan yang baik dari saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami


Irfan Maulana
Bagian Keuangan

j.        Surat penagihan
Surat penagihan adalah surat yang dibuat oleh penjual kepada pembeli berisi peringatan agar pembeli membayar utangnya yang sudah lewat dari tanggal jatuh tempo atau tidak sesuai dengan perjanjian. Perhatikan contoh surat penagihan berikut.
PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang


No. 105/UM/IX/12                                                                           03 Oktober 2012

PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang

Hal : pembayaran faktur No.21/IX/12

Dengan hormat,

Menurut catatan kami ternyata saudara belum melunasi faktur kami No.21/IX/12, tanggal 04 September 2012, sebesar Rp.1.500.000 (satu juta lima ratus), yang seharusnya saudara selesaikan tanggal 01 Oktober 2012.

Mengingat pembayaran sudah lewat jangka waktu pembayaran, besar harapan kami Saudara segera membayar faktur tersebut melalui cabang BRI setempat.

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

                                                                                                             Hormat kami,


 Eka Lilis Suhandayani
Direktur


2.3.3        Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Ada dua macam surat pribadi, yaitu:
a.       Surat pribadi yang bersifat kedinasan (setengah resmi)
Surat pribadi yang bersifat kedinasan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ditujukan kepada suatu organisasi atau lembaga atau instansi yang isinya menyangkut masalah pribadi dan kerja. Contohnya surat lamaran pekerjaan surat izin tidak masuk kerja, dan surat izin tidak masuk sekolah.
b.      Surat pribadi yang bersifat kekeluargaan
Surat pribadi yang bersifat kekeluargaan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ditujukan kepada orang lain (kerabat atau teman) dan isinya biasanya bersifat kekeluargaan. Contohnya surat dari anak kepada orang tuannya, surat dari sahabat, surat undangan pernikahan, surat ucapan selamat, dan surat ucapan belasungkawa.

2.4      DASAR SURAT-MENYURAT
2.4.1        Ciri–Ciri Bahasa Surat
a.       Jelas
Bahasa surat yang jelas maksudnya tidak hanya mudah dimengerti tetapi harus terbebas dari salah tafsir atau rancu, sehingga data-data yang dituangkan dalam surat sesuai dengan sasaran yang diinginkan.
b.      Lugas
Lugas artinya sederhana, praktis, bersahaja (simpel). Jika diterapkan pada penulisan kalimat dalam surat, berarti kalimat yang digunakan harus langsung menunjukkan persoalan atau permasalahan yang pokok-pokok, tidak bertele-teleserta dapat mengungkapkan gagasan secara tepat sesuai dengan maksud yang dikehendaki.
c.       Menarik dan Sopan
Bahasa yang menarik adalah bahasa yang hidup, lugas, jelas, wajar, enak dibaca, tidak kaku, tidak menggunakan kata-kata yang telah usang, dan tidak menggunakan kata makian yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

2.4.2        Penggunaan Tata Bahasa dalam Surat-Menyurat
a.       Ejaan
1.      Penulisan huruf
Huruf kapital sebagai huruf  pertama digunakan dalam penulisan berikut.
·         Nama gelar, pangkat, jabatan, dan gelar akademis yang diikuti dengan nama orang
·         Nama bahasa, suku bangsa, dan bangsa
·         Nama tahun, bulan, hari, dan bangsa.
2.      Penulisan kata
Perhatikan penulisan kata-kata berikut.
·         Kata dasar merupakan kata yang berdiri sendiri.
·         Kata berimbuhan merupakan kata yang mendapatkan awalan atau akhiran.
·         Kata ulang ditulis menggunakan tanda hubung antara kata yang diulang.
·         Kata gabungan yang diapit oleh imbuhan, maka penulisannya digabung.
·         Kata gabungan yang merupakan awalan atau akhirannya saja ditulis terpisah, karena awalan dan akhirannya hanya terdapat pada salah satu kata gabungan.
·         Kata majemuk penulisan dipisah jika salah satu katanya tidak berdiri sendiri, dan digabung bila sudah dianggap satu kata.
·         Kata depan di, ke, dan dari yang berfungsi menunjukkan nama tempat atau arah, maka penulisannya dipisah.
·         Kata pun penulisannya dipisah dari kata yang mendahuluinya, kecuali pada kata ungkapan tetap seperti meskipun, walaupun.
·         Kata bilangan dapat ditulis dengan tiga cara.
·         Partikel per penulisannya dipisah dari kata yang mengikutinya.
3.      Penulisan unsur serapan
Penulisan unsur serapan dari bahasa asing perlu diperhatikan ketetuannya.

b.      Tanda Baca
1.      Tanda titik
2.      Tanda koma
3.      Tanda titik dua
4.      Tanda garis miring

2.5      CURRICULUM VITAE

Daftar riwayat hidup (curriculum vitae) adalah daftar yang memuat keterangan atau informasi tentang si pelamar. Apabila pihak perusahaan ingin mengetahui tentang diri si pelamar, maka daftar riwayat hidup ini dapat membantu mereka. Daftar riwayat hidup ini disertakan sebagai lampiran dalam membuat surat lamaran kerja.

a.       Komponen-komponen penting pada daftar riwayat hidup
·         Identitas (Data Pribadi)
Cantumkan identitas anda dengan jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail (bila ada).
Khusus untuk e-mail, sebaiknya anda memilikinya. Jika tidak memilikinya, anda dapat membuat alamat email di Gmail, Yahoo, atau Hotmail (silakan klik) atau yang lainnya.
·         Pendidikan
Cantumkan pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal (pelatihan, kursus, dsb).
·         Kemampuan
Uraikan secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar.Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan, biasa bekerja menggunakan komputer, dsb-nya.Tentu saja kemampuan-kemampuan yang anda tulis/cantumkan tersebut harus benar-benar anda miliki.Jangan mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.
·         Pengalaman kerja
Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan.Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri posisi tersebut.Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau posisi) terakhir.
·         Pengalaman Organisasi (bila ada)
Cantumkan pengalaman organisasi yang relevan (sesuai atau berhubungan) dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 5 ini.
·         Referensi Kerja (bila ada)
Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).
Penting : Dalam hal pencantuman nama orang yang akan dijadikan referensi, anda harus sangat yakin bahwa orang tersebut benar-benar mengetahui tentang anda serta akan memberikan informasi positif mengenai diri anda. Seandainya anda ragu-ragu bahwa orang tersebut akan memberikan informasi positif tentang anda, maka anda tidak perlu mencantumkan referensi kerja tersebut (lewati saja yang nomor 6 ini).
·         Pengalaman lain yang menunjang (bila ada)
Cantumkan pengalaman lain yang menunjang "promosi anda". Dan sebaiknya yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar untuk posisi pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau juara bulutangkis, tentunya tidak relevan.

b.      Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar riwayat hidup
·         Gunakan kertas putih polos
CV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar). Sebaiknya jangan menggunakan form CV yang dijual di toko-toko.
·         Diketik dengan huruf standar surat resmi
CV jangan ditulis tangan, namun diketik.Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Arial atau Times New Roman.
·         Foto terbaru
Lampirkan pas foto terbaru ukuran 3x4 atau 4x6.Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (misalkan jas lengkap dengan dasi).
·         Dokumen pendukung
Lampirkan dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang dituliskan dalam CV (resume), seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb (dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy).Agar dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak, sebaiknya anda menyeleksi/menyortir dokumen mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.
·         Cantumkan riwayat pendidikan
Sama seperti riwayat kerja, pendidikan Anda harus diurutkan sesuai waktu, dimulai dengan tingkat pendidikan terakhir.Sebutkan studi di universitas, pertukaran pelajar, atau pengalaman magang yang pernah Anda ikuti. Kalau Anda lulus dengan sebuah titel, cantumkan jurusan sekaligus tanggal Anda meraih titel itu. Kalau belum lulus, cukup sebutkan tahun-tahun Anda kuliah dan tanggal kelulusan yang bisa Anda perkirakan.
·         Cantumkan penghargaan dan prestasi
Sebutkan penghargaan atau pengakuan khusus yang pernah Anda peroleh pada bagian ini, lengkapi dengan nama, tanggal, dan tujuan penghargaan. Misalnya gelar mahasiswa berprestasi, mungkin karena IPK yang tinggi saat Anda kuliah.Buatlah diri Anda terdengar sukses dan pekerja keras dengan menambahkan sebanyak mungkin penghargaan.
·         Cantumkan keahlian khusus
Bagian "penghargaan dan prestasi" harus sangat spesifik, tapi bagian keahlian Anda sebaiknya lebih umum. Buat daftar singkat sifat dan kepribadian Anda yang positif, yang membuat Anda jadi panutan orang lain. Misalnya taat waktu, ramah, antusias, tekun, dan mampu bekerja dalam tim.
·         Cantumkan riwayat kerja
Karena bukan yang terkuat dari daftar riwayat hidup, bagian ini sebaiknya Anda tempatkan paling akhir.Perekrut bisa membaca prestasi Anda yang memukau terlebih dulu.
·         Cantumkan pengalaman bakti sosial
Kalau Anda telah mengikuti banyak bakti sosial, buat daftarnya di sini. Sebutkan nama bakti sosial, tanggal Anda bekerja di sana, atau total jam yang Anda luangkan, serta tanggung jawab Anda.
·         Berikan referensi
Informasi terakhir yang harus ada di daftar riwayat hidup Anda adalah 2-4 referensi profesional. Mereka adalah orang-orang yang tidak berhubungan dekat, namun pernah bekerja sama secara profesional dengan Anda. Bisa berupa mantan atasan, dosen, atau koordinator bakti sosial.

Perhatikan contoh daftar riwayat hidup berikut ini :
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Keterangan pribadi
Nama: Annisa Pandanwangi
Jenis Kelamin: Wanita
Alamat: Kebon Nanas, Jakarta Timur
Tempat, Tanggal Lahir: Depok, 26 Januari 1988
Status: Menikah
Agama: Islam
Phone: 081234567890
E-mail: pandanwangi.annisa@gmail.com

Pendidikan Formal
2006 – 2010 : Fakultas Teknik Informatika, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
2003 – 2006 : SMUN 4 Bekasi
2000 – 2003 : SLTPN 7 Bekasi

Pendidikan Nonformal
2014 Google Analytics Academy
2010 Microsoft SQL Server 2008 Database, Microsoft Certified of Achievement
1999 LIA English Course, General English Advanced Class

Pengalaman Kerja
November 2011 – April 2012 PT. Wire Zero Pariwara (GroupZ) pada Divisi Mediacom sebagai Digital Search
April – September 2012 PT. Wire Zero Pariwara (GroupZ) pada Divisi Interaction sebagai Search Specialist
Oktober 2012 – Sekarang PT. Valala Mandiri pada Divisi SEM sebagai SEM Manager

Pengalaman Organisasi
2008 Ketua divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Y.A.I
2007 Anggota divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Y.A.I

Kemampuan
Mengerti dan dapat mengoperasikan Microsoft Office, Windows XP, Personal Computer, Java Script, C++, HTML
Mengerti SEM (Search Engine Marketing) : Search, GDN, Youtube, Facebook Ads
Sertifikat
Search Advertising Certificate, exp: Juli 2014
Google Analytics Individual Qualification, exp: Desember 2014

Jakarta, 16 Januari 2009


Annisa Pandanwangi

BAB III
SIMPULAN

Pada bagian ini merupakan kesimpulan dari apa yang telah kita bahas di atas. Jadi surat juga masih penting untuk kita gunakan sebab dari semua arti, fungsi, dan lain-lain, jelas surat masih dapat kita gunakan di jaman sekarang walaupun kita bisa mempergunakan alat komunikasi yang ada agar tidak terlalu memakan waktu banyak, apa salahnya kita bisa membudayakan alat komunikasi yang ada pada jaman dahulu agar tidak punah pada masa sekarang .

Dan makalah tentang CV ini dibuat, semoga dapat lebih memahami bentuk dan tulisan CV seperti apa agar para pelamar kerja dapat menuliskannya dengan baik dan benar dan semoga para pelamar kerja mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan.Karena CV adalah gambaran diri, sediakan waktu sebaik-baiknya untuk menulis dengan jelas. Manfaatkan pula untuk menjelaskan keunikan diri Anda yang membuat perbedaan dengan orang lain .


DAFTAR PUSTAKA


http://www.anakui.com/2015/07/13/contoh-cv-lamaran-kerja-terbaru/#.Vo5wUGfzPRs
http://rinaayuningtyasputri.blogspot.co.id/2015/06/tugas-bahasa-indonesia-2-makalah.html#
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-suratmenyurat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar